Sabtu, 19 Februari 2011

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuannya
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)

B. Indikator
o Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohny dalam kehidupan sehari-hari.
o Menerapkan satuan besaran pokok dalam sistem internasional
o Menentukan dimensi suatu besaran pokok dan menerapkan analiasis dimensional dalam pemecahan masalah.

C. Materi Essensial
Besaran pokok dan satuan standar
Besaran turunan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang besaran fisika
o Mengenal besaran pokok dan satuan standar
besaran pokok
- Panjang
- Massa
- Waktu - Suhu
- Kuat arus listrik
- Intensitas cahaya - Jumlah zat
o Memahami keunggulan satuan SI
o Mengenal besaran turunan
- Luas
- Volume
- Percepatan - Gaya
- Massa jenis
- Kecepatan - Tekanan
- Usaha daya

(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 21 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuannya
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)

B. Indikator
o Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohny dalam kehidupan sehari-hari.
o Menerapkan satuan besaran pokok dalam ssistem internasional
o Menentukan dimensi suatu besaran pokok dan menerapkan analiasis dimensional dalam pemecahan masalah.

C. Materi Essensial
Dimensi besaran
Konversi satuan )
Notasi ilmiah

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengenal dimensi dari besaran pokok
o Mempelajari contoh soal
o Mempelajari contoh soal tentang konversi satuan
o Mempelajari contoh soal tentang konversi satuan
o Mempelajari notasi ilmiah
o Memahami tabel
o Mempelajari contoh soal tentang notasi ilmiah
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa notasi ilmiah adalah cara penulisan bilangan secara ilmiah

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 21 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )






Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

F. Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan penjumlahan vektor

G. Indikator
o Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang, poligon, dan rumus kosinus
o Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus.

H. Materi Essensial
Besaran vektor dan besaran skalar

I. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

J. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mempelajari cara menjumlahkan vektor dengan metode Poligon, jajar genjang, persamaan kosinus
o Mempelajari sifat penjumlahan vektor
i. A + B = B + A
ii. A + B + C = A + B + C
iii. A + (–B) = A – B
o Mempelajari contoh 1.8 dan 1.9 Hlm. 12
o Mempelajari cara menguraikan vektor pada contoh soal








o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Dua vektor adalah sama jika kedua vektor memiliki besar dan arah yang sama walaupun pangkal vektornya berbeda.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o soal latihan

Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 28 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

F. Kompetensi Dasar
1.1 Melakukan penjumlahan vektor

G. Indikator
o Menghitung hasil perkalian dua vektor denga cara perkalian titik dan perkalian silang.

H. Materi Essensial
Besaran vektor dan besaran skalar
o Perkalian vektor

I. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

J. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

5. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

6. Kegiatan Inti
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Mempelajari perkalian titik A . B = AB cos 
o Mempelajari contoh
o Mempelajari perkalian silang A x B = AB sin 
o Mempelajari contoh
o soal latihan
(80 menit)

7. Penutup
o Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
(5 menit)

8. Pekerjaan Rumah
o soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 28 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )










Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Waktu : : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
1.1 Melakukan penjumlahan vektor

B. Indikator
o Menyiapkan instrumen, melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa, dan waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas)
o Menjelaskan pengertian tentang kesalahan sistematik dan acak serta memberikan contohnya
o Mengolah data hasil pengukuran, menyajikannya dalam bentuk grafik, menarik kesimpulan tentang besaran fisis yang diukur dan memberikan rumusan matematis sederhana

C. Materi Essensial
Pengukuran )

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca, stopwatch

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengetahui sumber kesalahan sistematik seperti kesalahan pada :
i. alat
ii. pengamatan iii. lingkungan
iv. teoritis
o Menuliskan hasil pengukuran berulang
o Menyetakan kesalahan pengukuran
o Membuat analisis kesalahan dan merepresentasikan dalam bentuk grafik
o Mengenal alat pengukuran panjang dan cara pengunaannya seperti mistar ukur, jangka sorong
o Mengenal alat pengukuran massa dan cara pengunaannya

(80 menit)

3. Penutup
o Memotivasi untuk rajin melakukan pengukuran
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho

Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 28 Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek pengukuran

A. Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan penjumlahan vektor

B. Indikator
o Menyiapkan instrumen, melakukan pengukuran besaran pokok panjang, massa, dan waktu, dengan mempertimbangkan aspek ketepatan (akurasi), ketelitian (presisi) dan kepekaan (sensitivitas)
o Menjelaskan pengertian tentang kesalahan sistematik dan acak serta memberikan contohnya
o Mengolah data hasil pengukuran, menyajikannya dalam bentuk grafik, menarik kesimpulan tentang besaran fisis yang diukur dan memberikan rumusan matematis sederhana

C. Materi Essensial
Pengukuran

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca, stopwatch

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Melakukan percobaan hukum Hooke
o Melakukan percobaan gerak harmonik sederhana
(80 menit)

3. Penutup
o Memotivasi untuk rajin melakukan pengukuran
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 4 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )












Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Besaran dan Satuan
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
1.2 Melakukan penjumlahan vektor

B. Indikator
o Mendefinisikan angka penting dan menerapkannya sesuai dengan aturan penjumlahan dan pengurangan, perkalian, pembagian serta perpangkatan dan penarikan akar.

C. Materi Essensial
Angka penting

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mempelajari ketentuan pada angka penting
o Menghitung penjumlahan dan pengurangan lalu dituliskan dalam bentuk angka pentingnya
o Menghitung perkalian dan pembagian lalu dituliskan dalam bentuk angka pentingnya
o Mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memotivasi untuk rajin mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Evaluasi



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 4 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )











Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Demontrasi dan mengerjakan soal

K. Kompetensi Dasar
1.3 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

L. Indikator
o Mendefinisikan pengertian gerak lurus
o Membedakan jarak dan perpindahan
o Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat

M. Materi Essensial
Jarak dan perpindahan
Kelajuan dan Kecepatan

N. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

O. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gerak lurus
o Menahami tentang jarak dan perpindahan dengan memepelajari contoh soal
o Menuliskan persamaan kelajuan rata-rata , kecepatan rata-rata
o Mengambarkan grafik jarak terhadap waktu
o Mempelajari contoh soal
o Mempelajari prosedur menghitung kelajuan sesaat
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Posisi adalah letak suatu benda pada waktu tertentu terhadap acuan tertentu
- Perpindahan adalah perubahan posisi
- Jarak adalah panjang suatu lintasan yang ditempuh dalam selang waktu
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 11 Agusrus 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Mendefinisikan pengertian gerak lurus
o Membedakan jarak dan perpindahan
o Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat

C. Materi Essensial
Percepatan dan perlajuan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gerak lurus
o Menuliskan persamaan percepatan
o Mempelajari contoh soal 2.4 dan 2.5
o Memahami percepatan sebagai besaran vektor dan perlajuan sebagai besaran skalar
o Menghitung percepatan suatu benda
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa
- Perajuan adalah besaran skalar
- Percepatan adalagh besaran vektor
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 11 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )






Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah (diskusi), praktek gerak lurus beraturan

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
o Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan

C. Materi Essensial
Gerak Lurus Beraturan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Ticker timer, papan luncur

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya
o Memahami peta konsep tentang gerak lurus yang bersifat beraturan
o Mampu mengukur kelajuan dengan ticker timer
o Mempelajari contoh soal
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa alat yang dapat mengukur kelajuan sesaat digunakan alat yang sederhana yaitu ticker timer.
o Memberikan kesimpulan bahwa gerak lurus beraturan adalah gerak suatu benda tetap dengan kecepatan tetap

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah





( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 18 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran





( H.Buddy Haryadi R.Am )









Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Praktik serta mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
o Membedakan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
o Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan

C. Materi Essensial
Gerak Lurus Berubah Beraturan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mampu mengukur percepatan suatu benda pada gerak lurus berubah beraturan dengan ticker timer.
o Memahami peta konsep tentang gerak lurus yang bersifat tidak beraturan
o Memahami pengertian gerak lurus berubah beraturan
o Memahami pengertian gerak lurus berubah beraturan
- Percepatan rata-rata
- Percepatan sesaat

o Memahami pengertian gerak lurus berubah beraturan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa percepatan sesaat

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 18 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )


Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
o Menerapkan besaran-besaran fisika dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

C. Materi Essensial
Gerak Lurus Berubah Beraturan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Menuliskan hubungan antara kecepatan dan percepatan pada GLBB

o Menuliskan hubungan antara perpindahan, percepatan dan waktu pada GLBB

o Menuliskan hubungan antara perpindahan, kecepatan dan percepatan pada GLBB

o Menuliskan hubungan antara perpindahan, kecepatan dan waktu pada GLBB

o Mempelajari contoh soal
o soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih banyak mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 25 Agustus 2010
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Praktik dan menjawab soal

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Menerapkan besaran-besaran fisika dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

C. Materi Essensial
Gerak Jatuh Bebas

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang jatuh bebas
o Memahami peristiwa jatuh bebas
o Mengetahui persamaan gerak jatuh bebas

o Mempelajari contoh
o soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa pada gerak jatuh bebas :
- Kecepatan awal nol
- Percepatan sama dengan percepatan gravitasi
- ∆x = ∆y
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 1 September 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )









Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Lurus
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

B. Indikator
o Mendefinisikan pengertian gerak lurus
o Membedakan jarak dan perpindahan
o Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
o Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan pengukuran besaran-besaran terkait
o Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan
o Membedakan percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
o Menganalisis grafik gerak lurus dengan percepatan konstan
o Menerapkan besaran-besaran fisika dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

C. Materi Essensial
Jarak dan perpindahan
Kelajuan dan Kecepatan
Percepatan dan perlajuan
Gerak Lurus Beraturan
Gerak Lurus Berubah Beraturan
Gerak Jatuh Bebas

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengerjakan evaluasi
(80 menit)

3. Penutup
Memberikan motivasi untuk lebih banyak mengerjakan soal

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 1 September 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )



Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Melingkar
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah

P. Kompetensi Dasar
1.4 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

Q. Indikator
o Mengidentifikasikan besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan,
o Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif
o Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
o Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari

R. Materi Essensial
Besaran-besaran dalam gerak melingkar

S. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

T. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gerak melingkar
o Memahami gerak melingkar dan pengertian dari periode, frekuensi, kecepatan linear dan kecepatan sudut
o Memahami konsep perpindahan dalam gerak melingkar dan perpindahan sudut
o Memahami definisi radian
o Mempelajari konversi satuan sudut
o Memahami pengertian kecepatan sudut rata-rata dan sesaat
o Mempelajari contoh
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa perpindahan sudut adalaha sudut yang disapu oleh sebuah garis radial mulai dari posisi awal garis ke posisi akhir garis

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Soal latihan

Mengetahui
Kepala Sekolah


( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 8 September 2010
Guru Mata Pelajaran


( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Melingkar
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

B. Indikator
o Mengidentifikasikan besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan,
o Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif
o Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dsn mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
o Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari

C. Materi Essensial
Hubungan antara besaran rotasi dan translasi

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami hubungan perpindahan linear dan perpindahan sudut s = r 
o Memahami hubungan kecepatan linear dan kecepatan sudut v =  r
o Memahami hubungan percepatan linear dan percepatan sudut as = 2 r
o kecepatan linear dan kecepatan sudut v =  r
o Mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih banyak mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o –


Mengetahui
Kepala Sekolah





( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 8 September 2010
Guru Mata Pelajaran





( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Melingkar
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

B. Indikator
o Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari
o Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
o Menjelaskan perumusan kuantitatif gerak melingkar berubah beraturan
o Menganalis besaran yang berhubungan antara gerak linear dan gerak melingkar berubah beraturan

C. Materi Essensial
Gerak Melingkar Beraturan
Gerak Melingkar Berubah Beraturan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami posisi sudut  =  t
o Hubungan roda-roda
o Sepusat
o Bersinggungan
o dihubungkan dengan tali
o Mengerjakan soal latihan

(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hubungan roda-roda dapat
o seporos
o bersinggungan
o dihubungkan dengan sabuk
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 13 Oktober 2010
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gerak Melingkar
Pertemuan / waktu : Kesembilan / 2 x 45 menit
Metode : mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.2 Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan

B. Indikator
o Mengidentifikasikan besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan,
o Merumuskan gerak melingkar beraturan secara kuantitatif
o Menjelaskan pengertian percepatan sentripetal, dsn mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari
o Memberikan contoh gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan dalam kehidupan sehari-hari
o Menerapkan prinsip roda-roda yang saling berhubungan secara kualitatif
o Menjelaskan perumusan kuantitatif gerak melingkar berubah beraturan
o Menganalis besaran yang berhubungan antara gerak linear dan gerak melingkar berubah beraturan

C. Materi Essensial
Evaluasi Bab 3 (Hlm. 76)

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Evaluasi Bab 3
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih banyak mengerjakan soal bentuk lain
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 13 Oktober 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )








Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

U. Kompetensi Dasar
1.5 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

V. Indikator
o Mengidentifikasikan penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari,
o Memberikan contoh penerapan hukum-hukum Newton dengan menggunakan berbagai media,
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton,

W. Materi Essensial
Hukum I Newton
Hukum II Newton

X. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

Y. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep dinamika partikel yang di dasarkan pada hukum Newton
o Memahami hukum I Newton
o Mempelajari contoh
o Memahami hukum II Newton
o Mengetahui satuan SI untuk gaya yaitu 1 N = 1 kg m/s2
o Percepatan suatu benda yang disebabkan oleh suatu gaya sebanding dan searah dengan gaya itu dan berbanding tebalik dengan massa benda yang dikenai oleh gaya tersebut
o Mempelajari contoh
o Menjawab soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hukum I Newton  F = 0 berlaku untuk benda diam atau benda bergerak lurus beratura
o Hukum II Newton

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o soal latihan

Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 20 Oktober 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )


Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Praktik

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Mengidentifikasikan penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari,
o Memberikan contoh penerapan hukum-hukum Newton dengan menggunakan berbagai media,
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton,

C. Materi Essensial

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Ticker timer

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Melakukan percobaan pada papan pewaktu ketik
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa untuk setiap aksi maka ada suatu reaksi yang sama besar tapi berlawanan

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 20 Oktober 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )













Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Mengidentifikasikan penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari,
o Memberikan contoh penerapan hukum-hukum Newton dengan menggunakan berbagai media,
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda,
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,

C. Materi Essensial
Hukum III Newton
Analisis kuantitatif Dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Menagih pekerjaan rumah
o Memahami hukum III Newton
F aksi = – F reaksi
o Mempelajari contoh
o Mempelajari analisis kuantitatif dinamika sederhana pada bidang tanpa gesekan
o Menjawab soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa untuk setiap aksi maka ada suatu reaksi yang sama besar tapi berlawanan

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Menjawab soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 27 Oktober 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )






Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Praktik dan menjawab soal

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,
o Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan,

C. Materi Essensial
Gaya gesekan

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami gaya gesekan dan gerak benda
o Memahami arah gaya kontak dalam berbagai posisi seperti pada:
- Bidang datar
- Bidang miring
- Bidang tegak
o Menyebutkan keuntungan dan kerugian dari gay gesek
o Mempelajari contoh
o Menjawab soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa gaya gesekan ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Menjawab soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 3 Nopember 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,
o Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan,

C. Materi Essensial
Gaya gesekan
o Gaya gesekan Statis dan Kinetik

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetik
fs = s N
fK = K N
o Melihat nilai koefisien gesekan statis dan kinetik
o Memahami cara analisis gerak benda dibawah pengaruh gaya gesekan pada bidang datar, untuk kasus satu balok dan dua balok bertumpuk
o Mempelajari contoh
o Memahami cara analisis gerak benda dibawah pengaruh gaya gesekan pada bidang miring, untuk kasus :
o Mempelajari contoh
o Memahami cara analisis gerak benda dibawah pengaruh gaya gesekan pada bidang vertikal
o Menjawab soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan
- Gaya berat adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda
- Gaya normal adalah gaya sentuh yang arahnya selalu tegak lurus pada bidang sentuh.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Menjawab soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah


( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 10 Nopember 2010
Guru Mata Pelajaran


( H.Buddy Haryadi R.Am )

Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakn soal

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,
o Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan,

C. Materi Essensial
Gaya gesekan Statis dan Kinetik

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Menjawab soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Menjawab soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 17 Nopember 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )















Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan,
o Melakukan analisis kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana untuk gerak benda pada bidang datar, bidang miring, bidang tegak, gerak vertikal dan gerak melingkar.

C. Materi Essensial
Gaya sentri petal
Aplikasi gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan)

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami gaya sentripetal
o Mempelajari contoh soal 4.16
o Merumuskan ayunan kerucut
o Mempelajari mobil yang bergerak pada tikungan
o Memahami sistem benda tali putar dan bneda efektif
o Mempelajari contoh
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa asal gaya sentripetal adalah gaya tegangan tali
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 1 Desember 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )







Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum Newton tentang Gerak
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar
2.3 Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan.

B. Indikator
o Mengidentifikasikan penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari,
o Memberikan contoh penerapan hukum-hukum Newton dengan menggunakan berbagai media,
o Melakukan percobaan yang berhubungan dengan hukum-hukum Newton,
o Melukiskan diagram gaya-gaya yang bekerja pada suatu benda,
o Menjelaskan pengertian gaya berat dan gaya gesekan, serta contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari,
o Menyelidiki karakteristik gesekan statis dan kinetis melalui percobaan,
o Menjelaskan konsep gaya sentripetal pada gerak melingkar beraturan,
o Melakukan analisis kuantitatif untuk persoalan-persoalan dinamika sederhana untuk gerak benda pada bidang datar, bidang miring, bidang tegak, gerak vertikal dan gerak melingkar.

C. Materi Essensial
Evaluasi

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menagih tugas pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Evaluasi
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk banyak mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 8 Desember 2010
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )







Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Alat Optik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

Z. Kompetensi Dasar
1.6 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif

AA. Indikator
o Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong,
o Mendeskrispsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropang,
o Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum,
o Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi,

BB. Materi Essensial
Mata dan kamera

CC. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Gambar mata

DD. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang optika geometris
o menganalogikan mata dengan kamera
o Mempelajari bagian anatomi mata dan fungsinya
o menjelaskan gabian kamera
o Mempelajari cara merawat mata dan mengenal cacat mata
- rabun jauh
- rabun dekat
- presbiopi dan astigmatisma
o menggambar jalannya bayangan yang dibentuk oleh mata
o memahami pengamatan tanda akomodasi dan dengan akomodasi mata
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk membaca bagian optik
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho –


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, 19 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )







Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Alat Optik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakn soal

K. Kompetensi Dasar
1.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif

L. Indikator
o Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong,
o Mendeskrispsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropang,
o Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum,
o Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi,

M. Materi Essensial
Mata dan kamera

N. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

O. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

9. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

10. Kegiatan Inti
o Menghitung daya akomodasi mata
o Mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

11. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa tujuan dibuatnya alat optik untuk meningkatkan daya penglihatan manusia

(5 menit)

12. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Januari 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )










Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Alat Optik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

EE. Kompetensi Dasar
1.7 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari

FF. Indikator
o Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong,
o Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

GG. Materi Essensial
Kamera
Lup dan Mikroskop
Teropong atau Teleskop

HH. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

II. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mempelajari bagian kamera
o Mempelajari lup untuk melihat benda yang kecil
o Menghitung pembesaran lup
o Menggambar jalannya sinar pada lup
o Mempelajari mikroskop dan bagiannya
o Meluki pembentukan bayangan yang dibentuk mikroskop
o Menghitung perbesaran mikroskop total
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk ranjin mengerjakn soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Januari 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )







Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Alat Optik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan melakukan percobaan

P. Kompetensi Dasar
1.1 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari

Q. Indikator
o Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong,
o Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

R. Materi Essensial
Kamera
Lup dan Mikroskop
Teropong atau Teleskop

S. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

T. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

13. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

14. Kegiatan Inti
o Memehami cara kerja teropong
o Mengetahui jenis teropong (bias dan pantul).
o Menyebutkan contoh teropong bias
o Menghitung jarak kedua lensa pada teropong dengan menggunakan d = fob + fok
o Menghitung perbesaran bayangan untuk mata tak berakomodasi

o Menghitung perbesaran bayangan untuk mata berakomodasi maksimum

o Melukiskan jalannya pembentukan bayangan pada teropong pantul
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

15. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal latihan dari buku lain.
(5 menit)

16. Pekerjaan Rumaho -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Januari 2010
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )



Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Alat Optik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari

B. Indikator
o Menganalisis pembentukan bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop, dan teropong,
o Mendeskrispsikan fungsi dan bagian alat optik mata dan kacamata, mikroskop, dan teropang,
o Membedakan pengamatan tanpa akomodasi dan akomodasi maksimum,
o Menentukan kekuatan lensa kacamata pada penderita miopi dan hipermetropi,

o Menghitung perbesaran lup, mikroskop, dan teropong,
o Mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehidupan sehari-hari.

C. Materi Essensial
Mata dan Kamera
Lup dan Mikroskop
Teropong atau Teleskop

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Evaluasi Bab
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal latihan dari buku lain.
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Pebruari 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )








Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Suhu dan Kalor
Pertem Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

JJ. Kompetensi Dasar
1.8 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

KK. Indikator
o Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian),

LL. Materi Essensial
Suhu dan Termometer

MM. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o termometer

NN. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang suhu dan kalor
o Memahami pengertian dari suhu
o Mengenal jenis-jenis termometer
o Melakukan konversi skala termometer
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan tentang suhu;
“suhu adalah ukuran kelajuan gerak partikel-partikel dalam suatu benda”
lebih umum disebut sebagai ukuran energi kinetik rata-rata paetikel dalam suatu benda.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Pebruari 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )











Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Suhu dan Kalor
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan melakukan percobaan

U. Kompetensi Dasar
1.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

V. Indikator
o Memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar pemuaian zat padat, zat cair, dan gas,
o Membedakan besar pemuaian (panjang, luas, dan volume) pada berbagai zat secara kuantitatif,

W. Materi Essensial
Pemuaian

X. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

Y. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

17. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

18. Kegiatan Inti
o Memahami konsep pemuaian zat padat.
o Memformulasikan pemuaian panjang, luas dan Volume
, dan
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

19. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hubungan koefisien muai luas  dan koefisien muai panjang  yaitu  = 2 serta koefisien muai volume  yaitu  =3

(5 menit)

20. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Pebruari 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )











Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Suhu dan Kalor
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

OO. Kompetensi Dasar
1.9 Menganalisis cara perpindahan kalor

PP. Indikator
o Membedakan peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi,
o Menentukan faktor-faktor yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan radiasi,

QQ. Materi Essensial
Perpindahan kalor

RR. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

SS. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mempelajari cara kalor berpindah seperti konduksi, konveksi, radiasi
- konduksi
- konveksi
- radiasi
o Memahami proses perpindahan kalor tanpa disertai perpindahan partikel
o Menyebutkan manfaat dari konduktor dan isolator
o Menyebutkan contoh konveksi dalam kehidupan keseharian.
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa perpindahan kalor dari suatu sistem bersuhu tinggi ke sistem bersuhu rendah dapat melalui tiga cara yaitu konduksi, konveksi dan radiasi

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Pebruari 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )



Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Suhu dan Kalor
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

TT. Kompetensi Dasar
1.10 Menerapkan asas Black dalam pemecahan masalah

UU. Indikator
o Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
o Menerapkan asas black dalam peristiwa pertukaran kalor.

VV. Materi Essensial
Kalor (Hlm. 155)

WW. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

XX. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami kesetaraan energi mekanik dan kalor
o Mempelajari kalor jenis dan kapasitas kalor

o Mempelajari asas Black
Q serap = Q lepas

o Mempelajari kalor laten dan perubahan wujud

o Mengetahui fungsi dari kalorimeter dan jenisnya
o Menjelaskan diagram perubahan wujud gas dan mampu membedakannya
o mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hukum kekekalan energi pada pertukaran kalor disebut asas Black

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mart 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Suhu dan Kalor
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
4.1 Menganalisis pengaruh kalor terhadap suatu zat

B. Indikator
o Menganalisis pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian),
o Memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar pemuaian zat padat, zat cair, dan gas,
o Membedakan besar pemuaian (panjang, luas, dan volume) pada berbagai zat secara kuantitatif,
o Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda dan wujud benda,
o Menjelaskan peristiwa perubahan wujud dan karakteristiknya serta memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari,
o Memberikan gambaran tentang faktor yang mempengaruhi peristiwa perubahan wujud,
o Melakukan analisis kuantitatif tentang perubahan wujud,
o Membedakan peristiwa perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi,
o Menentukan faktor-faktor yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan radiasi,
o Mendeskripsikan perbedaan kalor yang diserap dan kalor yang dilepas
o Menerapkan asas black dalam peristiwa pertukaran kalor.

C. Materi Essensial
Suhu dan pemuaian

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengerjakan evaluasi
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk lebih giat lagi mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mart 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

YY. Kompetensi Dasar
1.11 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

ZZ. Indikator
o Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar,
o Menjelaskan besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkaian sederhana (satu loop),
o Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri dan paralel,

AAA. Materi Essensial
Pengertian Arus listrik
Hambatan Listrik dan Hukum Ohm

BBB. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

CCC. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memepelajari peta konsep tentang listrik dinamis
o Memformulasikan laju perubahan muatan listrik Q persatuan waktu

o Mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
o Mempelajari hambatan listrik dan hukum Ohm
o Memahami kalau arus listrik sebanding dengan tegangan
o Memahami hambatan listrik sebanding dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan kuat arus

o Mempelajari contoh
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa hambatan kawat sebanding dengan tegangan dan berbanding terbalik dengan kuat arus listrik

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mart 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )


Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan menjawab soal

Z. Kompetensi Dasar
1.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

AA. Indikator
o Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar,
o Menjelaskan besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkaian sederhana (satu loop),

BB. Materi Essensial
Pengertian Arus listrik
Hambatan Listrik dan Hukum Ohm
Susunan Seri dan paralel Komponen listrik

CC. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

DD. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

21. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

22. Kegiatan Inti
o Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi hambatan listrik
o Memformulasikan persamaan hambatan listrik.

o Mengetahui hambatan jenis setiap bahan berbeda-beda.
o Memahami pengaruh suhu terhadap besar hambatan

o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

23. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa selain jenis kawat, luas dan penampang ternyata suhu juga mempengaruhi niali suatu hambatan

(5 menit)

24. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, April 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )






Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

F. Kompetensi Dasar
3.3 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

G. Indikator
o Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar,
o Menjelaskan besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkaian sederhana (satu loop),
o Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri dan paralel,

H. Materi Essensial
Susunan Seri dan paralel Komponen listrik

I. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

J. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

5. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

6. Kegiatan Inti
o Mempelajari susunan seri suatu hambatan
o Mempelajari nilai suatu tegangan, kuat arus listrik, dan hambatan pada rangkaian seri hambatan
o Mempelajari contoh soal
o Mempelajari susunan paralelsuatu hambatan
o Mempelajari nilai suatu tegangan, kuat arus listrik, dan hambatan pada rangkaian seri hambatan
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

7. Penutup
o Memberikan kesimpulan ada dua dasar pemasangan komponen listrik yaitu seri dan paralel

(5 menit)

8. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, April 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )








Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah

A. Kompetensi Dasar
5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

B. Indikator
o Menjelaskan tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya yang terpakai pada alat listrik,
o Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum I dan II kirchhoff,

C. Materi Essensial
Hukum Kirchhoff

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami hukum I Kirchhoff
I masuk = I keluar
o Mempelajari hukum II Kirchhoff
 V = 0
o Mempelajari contoh
(80 menit)

3. Penutup
o Jumlah aljabar perubahan tegangan yang mengelilingi suatu rangkaian tertutup sama dengan nol.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, April 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )











Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Mengerjakan soal

A. Kompetensi Dasar
5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

B. Indikator
o Menjelaskan tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya yang terpakai pada alat listrik,
o Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum I dan II kirchhoff,

C. Materi Essensial
Gaya Gerak Listrik dan Tegangan Jepit

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami gaya gerak listrik dan tegangan jepit
o Mempelajari contoh soal
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Memeberiakan motivasi untuk lebih giat mengerjakan soal
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mei 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )















Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah

A. Kompetensi Dasar
5.1 Memformulasikan besaran-besaran listrik rangkaian tertutup sederhana (satu loop)

B. Indikator
o Menjelaskan tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya yang terpakai pada alat listrik,
o Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum I dan II kirchhoff,

C. Materi Essensial
Energi dan daya listrik

D. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memformulasikan hukum daya listrik

o Mempelajari contoh
o Memahami bahwa pada umunya hambatan peralatan listrik dianggap konstan sehingga dayanya sebanding dengan kuadrat tegangan, lihat persamaan

o Memehami dan melaksanakan cara melakukan penghematn listrik
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Daya pada baterai V adalah VI, dan daya disipasi pada resistor R adalah I2R
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mei 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )



Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

DDD. Kompetensi Dasar
1.12 Mengidentifikasi penerapan listrik AC dan DC dalam kehidupan sehari-hari

EEE. Indikator
o Membedakan tegangan dc dan tegangan ac dalam bentuk grafik yang dihasilkan osiloskop,
o Menjelaskan bentuk rangkaian ac yang digunakan dalam rumah-rumah,
o Menunjukkan penerapan listrik ac dan dc dalam kehidupan sehari-hari.

FFF. Materi Essensial
Tegangan DC dan AC
Rangkaian AC dalam Rumah )
Penggunaan tegangan DC dan AC dalam kehidupan sehari-hari

GGG. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

HHH. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengetahui jenis tegangan AC dan DC
o Membedakan Listrik AC dan DC
o Memberikan contoh sumber listrik AC dan DC
o Menggambar rangkai arus bolak-balik di dalam rumah
o Menyebutkan penggunaan dari AC yang lebih efisien
(80 menit)

3. Penutup
o Arus AC adalah arus listrik yang senantiasa berbalik arah secara teratur
o Arus DC hanya mengalir dalam satu arah
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Mai 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )









Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

III. Kompetensi Dasar
1.13 Menggunakan alat ukur listrik

JJJ. Indikator
o Membedakan jenis dan fungsi alat ukur listrik,
o Menjelaskan cara membaca dan memasang alat ukur kuat arus dan alat ukur tegangan
o Menggunakan amperemeter, voltmeter dan multimeter dalam rangkaian,

KKK. Materi Essensial
Alat Ukur Kuat Arus dan Tegangan Listrik

LLL. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Amperemeter

MMM. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mempelajari cara menggunakan Amperemeter
o Menghitung arus pada rangkaian dan membaca nilainya pada Amperemeter
o Mempelajari cara bekerjanya amperemeter
o Mempelajari cara menggunakan Voltmeter
o Menghitung tegangan pada rangkaian dan membaca nilainya pada Voltmeter
o Mempelajari cara bekerjanya Voltmeter
(80 menit)

3. Penutup
o Memberikan motivasi untuk membiasakan membaca nilai pada amperemeter
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )












Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Listrik Dinamis
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan melakukan percobaan

EE. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan alat ukur listrik

FF. Indikator
o Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi besar hambatan suatu penghantar,
o Menjelaskan besar dan arah kuat arus listrik dalam rangkaian sederhana (satu loop),
o Memformulasikan besaran hambatan dalam rangkaian seri dan paralel,
o Membedakan jenis dan fungsi alat ukur listrik,
o Menjelaskan cara membaca dan memasang alat ukur kuat arus dan alat ukur tegangan
o Menggunakan amperemeter, voltmeter dan multimeter dalam rangkaian,
o Menjelaskan tegangan yang tertera pada alat listrik dan mampu menghitung energi dan daya yang terpakai pada alat listrik,
o Memformulasikan besaran tegangan dalam rangkaian tertutup sederhana dengan menggunakan hukum I dan II kirchhoff,
o Membedakan tegangan dc dan tegangan ac dalam bentuk grafik yang dihasilkan osiloskop,
o Menjelaskan bentuk rangkaian ac yang digunakan dalam rumah-rumah,
o Menunjukkan penerapan listrik ac dan dc dalam kehidupan sehari-hari.

GG. Materi Essensial
Alat ukur listrik
o Alat ukur tegangan listrik

HH. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X
o Voltmeter, ampere metar

II. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

25. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

26. Kegiatan Inti
o Menjawab evaluasi soal
(80 menit)

27. Penutup
o Memberikan motivasi untuk membiasakan membaca nilai pada amperemeter
(5 menit)

28. Pekerjaan Rumaho –


Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

NNN. Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik

OOO. Indikator
o Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik,
o Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang (spektrum gelombang elektromagnetik),
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut,

PPP. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

QQQ. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

RRR. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gelombang elektromagnetik
o Memahami penemuan gelombang elektromagnetik
o Mengetahui bahwa gelombang elektromagnetik adalah gelombang transversal
o Memformulasikan cepat rambat gelombang elektromagnetik

o Memahami hipotetsis Maxwel tentang
“ cahaya adalah suatu gelombang elektromagnetik.”
o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

3. Penutup
o Medan listrik dan medan magnetik selalu saling tegak lurus terhadap arah perambatan gelombang.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )




Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Diskusi

JJ. Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan spektrum gelombang elektromagnetik

KK. Indikator
o Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik,
o Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang (spektrum gelombang elektromagnetik),
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut,

LL. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

MM. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

NN. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

29. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

30. Kegiatan Inti
o Memahami percobaan yang dilakukan Heinrich Hertz
o Menyebutkan sifat gelombang elektomagnetik
o Memahami spektrum gelombang elektromagnetik
o Menyebutkan urutan spektrum elktromagnetik berdasarkan urutan kenaikkan frekuensi
o Berdiskusi
(80 menit)

31. Penutup
o Memberiakn motivasi untuk lebaih banyak membaca buku tentang tokoh dan penemu
o Mengulang hipotetsis Maxwel
“ cahaya adalah suatu gelombang elektromagnetik.”

(5 menit)

32. Pekerjaan Rumaho –



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )




Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan demonstrasi

SSS. Kompetensi Dasar
3.5 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

TTT. Indikator
o Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari,
o Menjelaskan perbedaan penggunaan rentang frekuensi atau panjang gelombang pada komunikasi radio, radar, telepon, dan lain-lain.

UUU. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

VVV. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

WWW. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang gelombang elektromagnetik
o Mempelahari pengelompokan gelombang radio
o Mengetahui perbedaan antara modulasi Amplitudo dan Modulasi frekuensi
o Memahami cara kerja oven microwave
(80 menit)

3. Penutup
o Gelombang radio dihasilkan olegh muatan-muatan listrik yang dipercepatmelalui kawat-kawat penghantar

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o -


Mengetahui
Kepala Sekolah



( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran



( H.Buddy Haryadi R.Am )











Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Diskusi

OO. Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

PP. Indikator
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut
o Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

QQ. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

RR. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

SS. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

33. Pendahuluan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

34. Kegiatan Inti
o Memahami prinsip gelombang mikro
o Menyebutkan pemanfaatan gelombang mikro
o Memformulasikan jarak benda yang ditangkap oleh radar.

o Mengerjakan soal latihan
(80 menit)

35. Penutup
o Gelombang mikro dipergunakan dalam ;
- RADAR
- Rangkaian televisi
(5 menit)

36. Pekerjaan Rumah
o Mengerjakan soal latihan



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )





Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah dan mengerjakan soal

K. Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

L. Indikator
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut
o Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

M. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

N. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

O. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

9. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

10. Kegiatan Inti
o Memahami prinsip Sinar inframerah, Cahaya tampak, Sinar ultraviolet, Sinar-X, Sinar Gamma
o Menyebutkan kegunaan Sinar inframerah, Cahaya tampak, Sinar ultraviolet, Sinar-X, Sinar Gamma
o Diskusi
(80 menit)

11. Penutup
o Memberikan motivasi untuk giat belajar
(5 menit)

12. Pekerjaan Rumaho -



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )








Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Gelombang Elektromagnetik
Waktu : 2 x 45 menit
Metode : Ceramah

F. Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan aplikasi gelombang elektromagnetik pada kehidupan sehari-hari

G. Indikator
o Mencari dan menelusuri literatur tentang gelombang elektromagnetik,
o Menyusun deret gelombang elektromagnetik berdasarkan frekuensi atau panjang gelombang (spektrum gelombang elektromagnetik),
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut,
o Menjelaskan karakteristik khusus masing-masing gelombang elektromagnetik di dalam spektrum tersebut
o Menjelaskan contoh dan penerapan masing-masing gelombang elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari

H. Materi Essensial
Teori Maxwell tentang Gelombang Elektromagnetik
Percobaan Hertz tentang Gelombang Elektromagnetik
Spektrum Gelombang Elektromagnetik

I. Media Belajar
o Buku FISIKA SMA/MA (KTSP) Kelas X

J. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

5. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)

6. Kegiatan Inti
o Mengerjakan evaluasi
(80 menit)

7. Penutup
o Memberi motivasi untuk giat belajar
(5 menit)

8. Pekerjaan Rumaho –



Mengetahui
Kepala Sekolah




( Drs.Abdul Majid SM ) Sukabumi, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran




( H.Buddy Haryadi R.Am )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar